Bengkel Kerja Budaya:Belajar Menulis Sejarah Sosial Masyarakat

Bengkel Kerja Budaya:
Belajar Menulis Sejarah Sosial Masyarakat
Kerjasama Lembaga Kajian dan Penerbitan Lafadl dan Desantara Institute for Cultural Studies
Yogyakarta, 13-17 Juni 2006

Karena sifat budaya yang akumulatif dan waris, acapkali kita gagal menelisik ideologi, asumsi, dan cara keduanya dibentuk, diproduksi, dan direproduksi di dalamnya. Kegagalan itu bukan hanya membuat kita miskin refleksi, tapi juga mandul mendaur ulang dunia. Lembaga Kajian dan Penerbitan Lafadl dan Desantara Institute for Cultural Studies berpandangan bahwa refleksi dan daur ulang dunia menuju itu bisa dimulai dengan menulis ulang sejarah sosial masyarakat. Sebagai bagian dari literacy movement, menulis adalah ikhtiar mempertanyakan kebakuan tatanan sosial demi perubahan sosial yang lebih baik. Sejarah menunjukkan bahwa tak ada yang lebih menakutkan bagi modal dan kekuasaan ketimbang para penulis.
Lafadl dan Desantara mengajak Anda menjadi bagian dari penulis muda perintis perubahan dengan bergabung menjadi peserta Bengkel Kerja Budaya: Belajar Menulis Sejarah Sosial Masyarakat yang akan diselenggarakan pada 13-17 Juni 2006 di Yogyakarta.
Fasilitas yang Disediakan
Peserta tidak dipungut biaya. Panitia menyediakan akomodasi, transportasi, dan materi pada para peserta selama mengikuti bengkel kerja ini. Ongkos perjalanan dari dan ke tempat asal peserta ditanggung oleh peserta sendiri. Panitia tidak menyediakan uang saku bagi peserta.

Jumlah dan Kriteria Peserta
Peserta bengkel kerja budaya ini hanya dibatasi 15 orang. Panitia memberi dorongan khusus pada perempuan untuk ikut mendaftar.
Kriteria peserta adalah sebagai berikut:
· Anak muda berusia kurang atau sama dengan 30 tahun
· Berdomisili di DIY, Jawa Tengah, atau Jawa Barat
· Diutamakan untuk mereka yang punya basis komunitas dan berkomitmen membangun komunitasnya
· Berminat membangun jaringan

Persyaratan Peserta
Calon peserta disyaratkan untuk mengirimkan curriculum vitae (CV) dan contoh tulisan dalam bentuk soft-file (file komputer) ke panitia paling lambat tanggal 31 Mei 2006. CV dan contoh tulisan tersebut dikirimkan via e-mail ke lafadl@gmail.com atau dikirimkan via pos ke:
LAFADL
Jl. Dayu Baru No. 1A
Sinduharjo, Ngaglik, Sleman,Jogjakarta
Telp. (0274) 888726

Pengumuman Peserta
Peserta yang terpilih akan diberitahu tanggal 6 Juni 2006, via telpon dan atau e-mail.

Mengenai materi, jadwal acara, dan Informasi lebih lanjut bisa diperoleh di lafadl.wordpress.com dan bengkelkerjabudaya.wordpress.com. Bisa juga hubungi langsung panitia via e-mail ke lafadl@gmail.com atau via telp ke (0274) 888726

Lebih jauh mengenai Desantara Institute for Cultural Studies kunjungi desantara.org
Lebih jauh mengenai Lembaga Kajian dan Penerbitan Lafadl kunjungi lafadl.atspace.org

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tinggalkan komentar